STRATEGI PELAKSANAAN RASA NYAMAN

Posted: March 10, 2012 in Health
Tags:

STRATEGI PELAKSANAAN

KEBUTUHAN DASAR MANUSIA, PEMENUHAN RASA NYAMAN

Hari / Tanggal : Rabu, 11 Mei 2011

Waktu                         : 08.00 Wita

Pertemuan                : I

Proses Keperawatan

  1. Kondisi Klien

  1. Diagnosa Keperawatan

  1. Tujuan Khusus

Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat

  1. Tindakan Keperawatan
    1. BHSP ; Salam terapeutik, perkenalkan diri, jelaskan tujuan, lingkungan yang terapeutik, kontrak yang jelas
    2. Dorong dan beri kesempatan klien untuk mengungkapkan perasaannya.
    3. Dengarkan ungkapan klien dengan empati

Proses Hubungan Terapeutik Perawat Klien

A. Fase Orientasi

1.Salam terapeutik

“ Selamat pagi, Pak.”

“ Nama saya perawat Candra , nama Bapak siapa ?

“Saya di sini setiap hari Senin sampai Sabtu, dari jam 07.00 sampai 14.00 WITA untuk merawat Bapak”

2. Evaluasi

“ Kalau boleh saya tahu, bagaimana kondisi Bapak pagi ini ? Bagaimana tidurnya kemarin Pak ?

3. Kontrak

Bagaimana kalau sekarang Bapak bercerita kepada saya tentang keadaan Bapak ? Kita bercakap-cakap supaya kita lebih dekat ya Pak. Saling mengenal. Untuk membicarakan hal tersebut,. Bapak mau berapa lama ? Bagaimana kalau kita bercakap-cakapnya 10 menit saja?Atau jika Bapak ingin, kita bisa bercakap-cakap lebih lama lagi. Maksimal 15 menit Pak. Bapak bersedia ? Baiknya kita bicara di mana, Pak?

Klien : 10 menit saja pak, disini saja.

B. Kerja

    1. Tadi Bapak sudah menyebutkan  nama panggilan Bapak, Bapak sudah berapa lama disini?
    2. Bapak berasal dari mana?Umur berapa ?Bapak ingat tidak, siapa yang membawa ke sini ? Bagaimana perasaan Bapak saat dibawa ke sini ? Selama disini setiap hari apa saja yang Bapak lakukan ?
    3. Boleh saya tahu, kegemaran Bapak ? Bagaimana kalau sekarang Bapak bercerita tentang hobi Bapak ?
    4. Wah…wah ternyata bagus sekali kegemaran Bapak, apakah Bapak mempunyai hobi yang lain ? Bisa diceritakan ?
    5. Wah… ternyata Bapak punya banyak hobi.  Bagus sekali itu !
    6. Kalau boleh saya tahu, apakah Bapak mempunyai masalah selama tinggal disini ? Bisa diceritakan Pak ?
    7. Saya mengerti perasaan Bapak,  apa yang Bapak lakukan jika masalah itu datang Pak?
    8. Biasanya Bapak menceritakan masalah ini dengan siapa ?
    9. Jika boleh saya tahu, apa Bapak tahu penyebab masalah itu muncul?
    10. Bagus sekali Bapak mau menceritakan tentang keadaan Bapak. Saya senang Bapak mau jujur dengan saya.
  1. C. Terminasi
    1. Evaluasi

( Subyektif )                : Setelah kita bercakap-cakap  tadi, bagaimana perasaan Bapak?

( Obyektif )                 : Klien mau menjawab pertanyaan perawat dan sesekali melihat perawat.

  1. Evaluasi kerja

Nah.. ini sudah 10 menit, jadi kita cukupkan saja dulu pembicaraan kita. Sekarang Bapak istirahat dulu. Namun, sebelum itu bisa Bapak ulang jelasin yang kita obrolin tadi ?

  1. Kontrak yang akan datang

Jika nanti ada yang ingin diceritakan atau ditanyakan kepada saya, Bapak bisa sampaikan pada pertemuan selanjutnya.

Bagaimana jika pertemuan selanjutnya membicarakan tentang pola hidup yang sehat? Bagaimana jika pertemuan selanjutnya nanti siang jam 10 ? Bapak nanti ingin berbicara di mana ? Apakah di tempat ini lagi ?

STRATEGI PELAKSANAAN RASA NYAMAN STRATEGI PELAKSANAAN RASA NYAMAN STRATEGI PELAKSANAAN RASA NYAMAN STRATEGI PELAKSANAAN RASA NYAMAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s